Bagikan Artikel Ini
  • 58
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    58
    Shares

Halaman ini berisi informasi progress pembangunan fisik Darussalam Education Centre dan akan di-update setiap saat, minimal satu bulan sekali. Halaman ini berfungsi sebagai media komunikasi dan transparansi kepada donatur baik perorangan/ perusahaan/ lembaga atas jariyah yang telah diamanahkan kepada Panitia Pembangunan Darussalam Education Centre.

(Mulai Nopember 2016, tampilan page ini diatur seperti timeline, dimana informasi terbaru disajikan di bagian paling atas untuk memudahkan Kita semua meng-update progress pembangunan).

Desain Darussalam Education Centre
Desain Darussalam Education Centre

Darussalam Education Centre adalah ikhtiar keluarga besar Muhammadiyah Ranting Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah untuk mengintegrasikan pendidikan anak, mulai dari PAUD, TPQ dan Madrasah Diniyyah sehingga anak memiliki kesiapan mental dan intelektual untuk menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi.

Rintisan pembangunan Darussalam Education Centre dimulai sejak 10 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2006 dimana pada saat itu untuk pertama kalinya dibangun gedung baru Madrasah Diniyyah Darussalam. Gedung baru Madrasah Diniyyah Darussalam diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 2007, Bapak Din Syamsuddin bersama sejumlah amal usaha lain di Kabupaten Kudus.

Setelah berjalan sepuluh tahun kiprah Madrasah Diniyyah Darussalam, kini PRM Getassrabi melakukan gebrakan dengan mengembangkan Madin Darussalam menjadi Darussalam Education Centre yang mengintegrasikan Pendidikan Anak Usia Dini Taman Pengasuhan Anak (TPA), Madrasah Diniyyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Pencanangan Pembangunan Darussalam Education Centre dimulai pada tanggal 3 April 2016 dalam kegiatan Hari Ber-Muhammadiyah Ranting Getassrabi dalam rangka launching Taman Pengasuhan Anak Darussalam serta malam pengumpulan dana untuk melanjutkan pembangunan Darussalam Education Centre yang dihadiri oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Abdul Mukti, M.Ed. Dalam kesempatan tersebut berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp 9.325.000,- yang berasal dari infaq jamaah pengajian. Dana digunakan sebagai modal awal pembangunan.

Fokus pembangunan adalah sebagai berikut :

  1. 3 buah ruang kelas di lantai 2 untuk kegiatan belajar mengajar madrasah Diniyyah
  2. Kamar mandi dan toilet di lantai 2 untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Madrasah Diniyyah
  3. Dapur dan ruang kantor untuk mendukung kegiatan Taman Pengasuhan Anak
  4. Sarana permainan (indoor dan outdoor) untuk mendukung kegiatan Taman Pengasuhan Anak.
  5. Ruang aula dan kreativitas di lantai 3
  6. Gardu pandang dan taman kecil di lantai atap (rooftop).

Pekerjaan Yang Akan dilaksanakan bulan Nopember 2016

Pekerjaan yang akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2016 adalah pengecoran lantai atap (rooftop) yang sedianya akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 Nopember 2016 bertepatan dengan Milad Muhammadiyah ke 107 M.

Berikut dokumentasi progress pembangunan Darussalam Education Centre.

Progress Bulan Oktober 2016

Pekerjaan yang dilaksanakan selama bulan Oktober 2016 meliputi lanjutan perbaikan pagar bangunan yang hampir rubuh, perapian kantor, dapur dan ruang kelas serta pembangunan musholla di lantai dua. Kegiatan perbaikan pagar dan pembangunan musholla merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain itu juga dilaksanakan persiapan pengecoran lantai atap Darussalam Education Centre.

Progress Bulan September 2016

Pekerjaan yang dilaksanakan selama bulan September 2016 meliputi perbaikan pagar bangunan yang hampir rubuh, perapian kantor, dapur dan ruang kelas serta pembangunan musholla di lantai dua. Kegiatan perbaikan pagar dan pembangunan musholla merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Progress Bulan Agustus 2016

Selama Agustus 2016, pekerjaan yng dilaksanakan meliputi perapian dapur, pemasangan pagar lantai 2 bangunan utama dan pengecoran dak lantai 3 bangunan kantor. Pengecoran dilaksanakan secara manual oleh anggota PRM Getassrabi pada hari Minggu, 28 Agustus 2016.

 

Terimakasih kepada seluruh pihak baik perorangan/ perusahaan/ lembaga yang bersedia membantu Kami mewujudkan mimpi untuk memiliki Amal Usaha Pendidikan Anak terintegrasi. Apabila Anda berkenan membantu pembangunan Darussalam Education Centre silahkan klik disini.

Progress Bulan Juli 2016

Selama bulan Juli 2016 tidak banyak pekerjaan yang dilaksanakan, mengingat pengecoran baru saja dilaksanakan dan libur idul fitri 1437 H. Pekerjaan yang dilakukan bersifat pembersihan dan perapian pasca pengecoran (pelepasan scaffolding, kayu penyangga dan triplek lantai kerja) sehingga bangunan siap untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya. Rungan dapur juga mulai dirapikan mengingat TPA Darussalam mulai dibuka bulan Juli 2016.

Di sela berbagai aktivitas silaturrahmi selama mudik lebaran, Sekum PP Muhammadiyah berkesempatan meninjau progres pembangunan Darussalam Eduction Centre. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, setelah dilakukan diskusi dan dialog dengan panitia dan sesepuh PRM Getassrabi, diputuskan bahwa pembangunan akan dilanjutkan sekaligus hingga pengecoran atap lantai terakhir (lantai 3) baru kemudian dilakukan finishing sesuai kemampuan.

sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti
Sekum Muhammadiyah kunjungi pembngunan Darussalam Education Centre

Pengecoran Dak Lantai 3 Bangunan Utama

Pengecoran dilaksanakan sesuai jadwal pada tanggal 23 Juni 2016. Dimulai pukul 15.30 WIB, pengecoran berlangsung sampai pukul 23.00 WIB. Total volume ready mix sebanyak 46.5 m3 untuk pengecoran dak lantai 3 bangunan utama dan dak lantai 2 bangunan kantor dan dapur. Terdapat sisa ready mix yang akhirnya dimanfaatkan untuk akses masuk dari pintu gerbang ke teras bangunan utama. Karena dak lantai 3 cukup tinggi, maka untuk memudahkan pekerjaan digunakan pompa. Panitia sempat khawatir karena sesaat setelah pengecoran selesai sempat turun hujan agak deras yang berlangsung sekitr 20 menit. Alhamdulillah hujan berlangsung tidak terlalu lama sehinggaa tidak mengganggu proses pemadatan dan pengeringan cor.

Biaya pengecoran bersumber dari donasi perorangan dan lembaga, terutama dari LAZISMU RSIJ Cempaka Putih Jakarta. Berikut dokumentasi proses pengecoran tanggal 23 Juni 2016 yang bertepatan dengan tanggal 18 Ramadhan 1437 H.

Progress Bulan Juni 2016

Sampai dengan pertengahan Juni 2016, kegiatan pembangunan telah mencapai 45% dari target pembangunan tahap kedua. Pemasangan Scaffolding untuk memudahkan pekerjaan cor mulai dilakukan. Persiapan pengecoran sebagaimana berikut

Progress Bulan Mei 2016

Sampai dengan akhir Mei 2016, kegiatan pembangunan telah mencapai 25% dari target pembangunan tahap kedua. Hal ini tidak lepas dari besarnya semangat warga Muhammadiyah Getassrabi serta banyaknya dukungan baik moril maupoun materiil dari berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak. Apabila Anda berkenan membantu pembangunan Darussalam Education Centre silahkan klik disini.

Situasi Awal Pembangunan

Bangunan eksisting adalah gedung satu lantai yang digunakan untuk Madin Darussalam. Disamping itu terdapat kamar mandi dan gudang disamping bangunan utama.

 

 

 

 


Bagikan Artikel Ini
  • 58
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    58
    Shares